Lebaran 2017 - Bantul Terjunkan personel di tempat retribusi wisata

id Retribusi

Lebaran 2017 - Bantul Terjunkan personel di tempat retribusi wisata

Icon Pantai Parangtritis Bantul D.I.Yogyakarta (Foto Antara)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerjunkan beberapa personel di tempat pemungutan retribusi masuk objek wisata wilayah setempat selama libur Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kami sudah berkoordinasi dan keluarkan surat tugas untuk para kepala bidang di Dinas Pariwisata, bahwa mulai 26 Juni sampai 2 Juli 2017 ikut piket di tempat pemungutan retribusi (TPR)," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto di Bantul, Senin.

Menurut dia, penerjunan personel piket yang berasal dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan intansinya untuk memberikan dorongan kepada para petugas TPR khususnya wisata pantai, karena selama libur lebaran petugas itu tidak diperkenankan libur.

"Mereka ikut piket di TPR-TPR kurang lebih tiga jam dari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB untuk memberikan motivasi teman-teman kami petugas pemungut retribusi, karena mereka tidak libur," katanya.

Kwintarto mengatakan, selain petugas pemungut retribusi di beberapa TPR pantai selatan yang jumlahnya puluhan, para petugas kebersihan kawasan wisata selama lebaran sejak 26 Juni sampai 2 Juli 2017 juga tidak mengambil libur seperti PNS lainnya.

"Sehingga kami mencoba untuk memberikan dukungan kepada mereka, bahwa kami juga mengurangi jatah libur kami untuk bekerja bersama-sama mereka di lapangan," katanya.

Ia mengatakan, dengan personel piket yang diterjunkan itu harapannya pelayanan kepada pengunjung objek wisata dalam hal pelayanan penjualan karcis masuk wisata berjalan lancar dan optimal, sehingga menekan kebocoran retribusi wisata.

Sementara itu, menurut dia, untuk menyemarakkan libur Lebaran 2017 di beberapa objek wisata Bantul ditampilkan sejumlah atraksi wisata atau kesenian masyarakat guna menambah daya tarik wisatawan berkunjung dan bersedia berkunjung kembali.

"Untuk `event` wisata pada 27, 28, 29 Juni dan 1, 2 Juli di Pantai Baru, Pantai Gua Cemara dan Gua Selarong. Namun khusus tanggal 1 hanya dua tempat di Pantai Baru dan Gua Cemara. jenis keseniannya seperti campur sari, jathilan, dan koes plusan," katanya.***1***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024