Lebaran 2017 - Pemkab Gunung Kidul normalisasi tikungan menuju pantai

id Gunung kidul

Lebaran 2017 - Pemkab Gunung Kidul normalisasi tikungan menuju pantai

Gunung Kidul D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Agus Priyanto)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan normalisasi sejumlah tikungan menuju pantai dan pengurangan tanjakan menuju Pantai Kukup sehingga mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas selama libur Lebaran 2017.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Senin, mengatakan dari evaluasi yang dilakukan diketahui tahun ini arus lalu lintas cenderung lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya.

"Sejumlah ruas jalan menuju pantai sudah dinormaliasasi sehingga arus lalu lintas menuju pantai lancar," katanya.

Sejumlah jalan yang sudah dinormalisasi adalah tanjakan jalan Baron-Kukup, sejumlah tikungan menuju arah pantai, dan perempatan Garli.

"Tahun ini lancar seperti di tanjakan menuju Kukup sudah dilakukan pengeprasan sehingga kemarin tidak ada kepadatan. Selain itu, antisipasi dari kepolisian dengan menerapkan satu jalur, berhasil mengurangi kepadatan," katanya.

Hary mengatakan ke depan, pihaknya akan melakukan penambahan area parkir. Saat libur lebaran kemarin, sejumlah lokasi parkir mengalami kelebihan kapasitas.

"Ke depan akan kami benahi masalah parkir karena saat libur kemarin banyak lokasi wisata yang kekurangan lokasi parkir," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Saryanto mengatakan dari sisi kenyamanan dan keamanan wisatawan memang perlu ada perbaikan. Ke depan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Tahun ini realisasi 394.170 wisatawan selama 9 hari libur lebaran. Untuk pendapatan asli Dderah (PAD) sebanyak Rp3.159. 596.000.

"Realisasi retribusi pariwisata mencapai 170 persen di atas target yakni 250 ribu wisatawan," katanya.

Menurut dia, kawasan pantai masih mendominasi kunjungan wisatawan dengan persentase sekitar 80 persen, lalu sejumlah objek wisata lain seperti air terjun Srigetuk, Gunung Api Purba Nglanggeran dan Gua Pindul.***1***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024