Pemkab Gunung Kidul bangun RSUD di Saptosari

id gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul bangun RSUD di Saptosari

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa) (istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2017 mulai membangun RSUD Tipe D di Kecamatan Saptosari senilai Rp16 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) setempat, Edy Praptono di Gunung Kidul, Senin mengatakan ada tiga proyek besar akan diselesaikan tahun ini yaitu paling besar anggarannya RSUD tipe D di Saptosari dengan anggaran Rp16 miliar.

"Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan fisik RSUD, yang berada di Desa Karangduwet. Pemkab sudah melakukan pembayaran tanah pada 2014/2015. Saat ini sudah masuk ke ULP jika selesai maka akan segera dilakukan pengerjaan," katanya.

Selain itu, kata Edy, pemkab akan membangun gedung Kecamatan Wonosari senilai Rp5 miliar, dan Kantor ?Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa senilai Rp6,5 miliar.

"Rencananya, Kantor Kecamatan Wonosari lama akan digunakan untuk pengembangan SMA N 1 Wonosari, sehingga dipindah ke samping kantor pegadaian, nantinya kantor akan dibuat tiga lantai," katanya.

Edy mengatakan sampai saat ini, pihaknya terus berupaya menyelesaikan serapan anggaran yang dibebankan dinasnya.

"Sampai semester pertama baru 30 persen, nanti jika semua sudah selesai kemungkinan Agustus serapan sudah meningkat," katanya.?

Sementara Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno berharap pemkab segera menyelesaikan pembuatan RSUD tipe D di Saptosari agar pemerataan pelayanan kesehatan bisa dilakukan.

"Kawasan selatan terus berkembang sehingga diperlukan pelayanan kesehatan yang bisa menjangkau masyarakat," katanya.
KR-STR