SAR Baron menyelamatkan wisatawan asal Kanada

id SAR Baron

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Tim Pencarian dan Penyelamatan Koordinator Wilayah II Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelamatkan wisatawan asal Kanada George (64) yang terseret arus sungai hingga ke bawah tebing kawasan Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari.

Sekretaris Satlinmas Korwil II Baron Surisdiyanto di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan kronologi berawal saat George berenang di aliran sungai Pantai Baron sekitar 09.30 WIB.

Ia menduga korban kecapaian bermain air dan terbawa arus sungai. "Kemungkinan karena kecapekan korban terjatuh dan terseret arus sungai hingga ke tebing sebelah timur Pantai Baron," katanya.

Melihat kejadian tersebut anggota SAR yang saat itu berjaga di kawasan Pantai Baron langsung memberikan pertolongan dengan mengevakuasi korban ke tepian pantai dan langsung membawanya ke pos pengamanan untuk segera memberikan pertolongan lanjutan kepada korban.

"Beruntung korban dapat kami selamatkan, meski mengalami sedikit shok dan pingsan, dan sudah kembali ke rumahnya," tutur Surisdiyanto.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul Marjono mengatakan angka kecelakaan laut di Gunung Kidul tergolong tinggi. Tahun ini sampai Juni tercatat ada 37 korban dalam 35 kejadian, sementara satu korban dinyatakan meninggal.

"Banyaknya korban kecelakaan laut di Gunung Kidul karena banyak wisatawan berkunjung ke kawasan pantai. Sementara banyak dari mereka tidak mengindahkan seruan petugas, dengan tetap mandi di laut termasuk bermain di sekitar area palung," katanya.

SAR Pantai Baron mengimbau kepada masyarakat, wisatawan dan para nelayan untuk selalu berhati-hati saat bermain air di kawasan pantai.

"Perhatikan peringatan yang kita sampaikan, semua demi keselamatan kita semua, jangan sampai niat kita bersenang-senang berubah menjadi petaka bagi diri kita," pungkasnya.



(U.KR-STR)