Pemkab Bantul akan perlebar jalan protokol

id Bantul

Pemkab Bantul akan perlebar jalan protokol

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan pelebaran jalan protokol atau sepanjang Jalan Jenderal Sudirman mulai dari simpang empat Klodran ke selatan sampai simpang Gose.

"Sepanjang jalan protokol utama atau Jalan Jenderal Sudirman itu nanti akan lebih lebar karena devider (pembatas) di kanan kiri jalan akan dibongkar," kata Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Selasa.

Menurut dia, pelebaran jalan protokol di pusat kabupaten yang berada di komplek perkantoran Pemda Bantul serta pusat perbelanjaan itu untuk memperlancar arus dengan memaksimalkan lebar jalan yang saat ini terdapat dua pembatas di kanan kiri jalan.

Saat ini, di sepanjang jalur itu ada dua median di kanan kiri sebagai pembatas jalan antara jalur cepat dengan jalur lambat, akan tetapi dalam perkembangannya di tepi jalan justru dimanfaatkan sebagai parkir kendaraan bermotor.

"Makanya nanti setelah devider dibongkar akan diganti devider di tengah-tengah jalan, dengan terdapat taman kecil yang Insya Allah bisa menjadikan nuansa lebih indah dan hijau," katanya.

Halim sapaan akrab Wabup Bantul ini juga mengatakan, pelebaran jalan protokol ini juga sebagai upaya penataan kawasan pusat Bantul itu, dan untuk merealisasikan itu sudah dilakukan pemangkasan pohon perindang di kanan kiri jalur tersebut.

"Jadi kami melakukan penataan jalan protokol, dan nantinya setiap Minggu mulai dari simpang Klodran sampai Gose akan ada `Car Free Day` yang bisa juga untuk kegiatan olahraga ringan bagi warga Bantul," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono sebelumnya juga mengatakan, di jalan protokol tepanya di depan Pasar Bantul nantinya akan dihidupkan sebagai pusat aktifitas dan kegiatan ekonomi masyarakat, bahkan pada malam hari sekalipun.

"Nantinya di jalan Jenderal Sudirman akan lebih ramai, bahkan di malam hari akan terang dengan lampu-lampu dan masyarakat bisa menikmati berbagai kuliner di sana," katanya.

(KR-HRI)