DPRD rekomendasikan uji paboratorium pembangunan jalan protokol

id jalan

DPRD rekomendasikan uji paboratorium pembangunan jalan protokol

ilustrasi (antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merekomendasikan pelaksanaan uji laboratorium terhadap kualitas pembangunan infrastruktur jalan protokol yang segera dikerjakan.

"Kami tetap merekomendasikan harus ada uji laboratorium sehingga kami (pemerintah) ini akan mewariskan bangunan yang baik untuk rakyat Bantul," kata Ketua Komisi C DPRD Bantul Wildan Nafis di Bantul, Kamis.

Menurut dia, dengan melakukan uji laboratorium terlebih dulu atas rencana pembangunan itu maka bisa diketahui ketahanan jalan tersebut sampai beberapa tahun ke depan, dan proses pembangunan jalan juga harus melalui beberapa tahapan.

Pemkab Bantul melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul segera melakukan revitalisasi jalan protokol atau Jalan Jenderal Sudirman dengan membangun gorong-gorong dan pengaspalan kembali.

"Kami tidak ingin seandainya nanti misalnya, baru dibangun dua sampai tiga tahun rusak, siapa yang bertangung jawab, jangan-jangan Komisi C yang disalahkan, makanya komisi tetap merekomendasikan uji laboratorium," katanya.

Pihaknya berharap bangunan dan infrastrukur jalan di kawasan pusat Kota Bantul itu nantinya kualitasnya lebih tahan lama dari kondisi yang sekarang ini, mengingat nantinya akan dilewati kendaraan dengan volume dan tonase lebih berat.

"Kalau awalnya yang mau diganti yang depan pasar Bantul, karena sudah rusak akibat sering dilewati beban lumayan berat, nah ke depan ini semua akan dilewati, selama ini kan hanya motor kecil tidak pernah beban berat," katanya.

Menurut dia, untuk pembangunan jalan dan gorong-gorong di jalan protokol dengan panjang kurang lebih satu kilometer itu Pemkab Bantul menganggarkan sebesar Rp23 miliar, Rp20 miliar untuk jalan, dan Rp3 miliar untuk gorong-gorong.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan Jaringan Irigasi Dinas PUPKP Bantul Yitno mengatakan, proyek pembangunan gorong-gorong di sepanjang jalan protokol Bantul akan dimulai pada pertengahan Agustus 2017.

"Proyek gorong-gorong insya Allah selesai pada 14 Desember, karena dalam kontrak itu lama pembangunan kurang lebih lima bulan yang dimulai pada 18 Agustus ini. Untuk panjangnya sekitar seribu meter," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024