Nelayan Kulon Progo belum butuh SPBU khusus

id Nelayan

Nelayan Kulon Progo belum butuh SPBU khusus

ilustrasi (Foto Antara)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Nelayan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum membutuhkan keberadaan stasiun pengisian bahan bakar umum khusus nelayan di kawasan pantai selatan.

"Sampai saat ini, stasiun pengisian bahan bakar umum (BPBU) khusus nelayan belum dibutuhkan. Jumlah nelayan Kulon Progo yang melaut tidak dapat ditebak," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Sudarna di Kulon Progo, Kamis.

Namun demikian, Sudarna mengatakan tidak menutup kemungkinan dibangun SPBU khusus nelayan, bila Pelabuhan Tanjung Adikarto beroperasi. Saat ini, kebutuhan bahan solar dan premium masih dapat dipenuhi SPBU terdekat.

"Saat ini, sudah tidak ada subsidi BBM, sehingga nelayan dapat membeli solar atau premium di semua SPBU. Dulu, saat masih ada subsidi, kami harus memberikan surat keterangan dan SPBU ditentukan," katanya.

Anggota Kepompok Nelayan Bogowonto Pantai Congot Suparyono mengatakan nelayan sudah mudah memperoleh BBM sejak dicabut subdisinya. Nelayan bebas membeli BBM di masa saja dan jumlah berapapun.

"Kami beli BBM solar untuk sekali melaut sekitar 20 liter. Kami lebih memilih subdisi BBM dicabut, dari pada disubdisi tapi kami dibatasi jumlah pembelian dan kesulitan mendapat BBM," katanya. ***1***


(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024