Gunung Kidul targetkan jalur alternatif selesai 2019

id gunung kidul

Gunung Kidul targetkan jalur alternatif selesai 2019

Gunung Kidul Handayani (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan jalur alternif menuju Kota Wonosari dan objek wisata selesai 2019, sehingga bisa memecah kemacetan dan mendukung pariwisata di daerah itu.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Senin, mengatakan?dua jalur alternatif yang tengah dibangun yakni jalur Sleman-Gunungkidul melalui Prambanan-Gading dan jalur alternatif yang menghubungkan Klaten, Jawa Tengah dengan Gunung Kidul melalui Cawas.

"Kami akan segera memiliki jalur alternatif baru," kata Badingah.

Dia mengatakan untuk yang jalur Sleman-Gunung Kidul saat ini tengah dibangun Jembatan Gambyong, Nglanggeran, dengan nilai sekitar Rp44 miliar dan akan segera selesai pada Oktober mendatang. "Diperkirakan dua bulan selesai," katanya.

Badingah mengatakan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul, sebagian berasal dari utara dan timur yang jumlahnya cukup besar. Oleh karena itu, jalur alternatif ini dapat menambah jalur wisata.

"Diharapkan memudahkan para wisatawan mengakses tempat wisata," katanya.

Dia menambahkan dari sisi timur Klaten, melalui Bayat, Klaten menuju Gunung Kidul sudah memasuki tahap persiapan pembangunan jembatan.

"Kami sudah melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan," katanya.

Diharapkan jembatan baru lebih lebar yang nantinya akan menghubungkan dua daerah tersebut. "Tahun ini segera dibangun sehingga mudah masuk ke Gunung Kidul," katanya.

KR-STR