Kulon Progo terapkan e-government permudah layanan masyarakat

id kulon progo

Kulon Progo terapkan e-government permudah layanan masyarakat

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menerapkan layanan e-government untuk mempermudah layanan kepada masyarakat.

"E-government menjadi tuntutan dari masyarakat, sehingga Aparatur Sipil Negara (ASN) tugas utamanya sebagai pelayan," kata Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo di Kulon Progo, Senin.

Ia mengharapkan ASN menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Semua orang sudah menggunakan android, sehingga harus diimbangi pelayanannya.

"Pada era teknologi informasi sekarang ini, layanan yang mudah cepat dan murah menjadi hal yang penting. Sedangkan bagi Pemerintah Daerah tentu dalam hal ini Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, menjadi garda terdepan dalam hal layanan IT Kulon Progo," katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo Agus Santosa mengatakan pihaknya membentuk satuan tugas (satgas) penangganan permasalahan jaringan internet SKPD dalam rangka peningkatan layanan gangguan internet dengan melalui sarana komunikasi yang ada seperti telepon, atau datang langsung ke Diskominfo.

Berikutnya SIM Obat yang merupakan aplikasi untuk melakukan pengelolaan obat di Dinas Kesehatan, rumah sakit dan puskesmas. Pengoperasian melalui pelatihan sudah dilaksanakan dengan user yaitu puskesmas dan rumah sakit.

Kemudian "Smart Report LPSE", yaitu system pelaporan pelaksanaan lelang realisasi pengadaan dalam lelang elektronik (e-tendering dengan SPSE), melalui aplikasi ini pihak-pihak yang berkentingan dapat melihat realisasi pengadaan barang dan jasa.

Program terakhir yaitu kebijakan persuratan SKPD dengan IT untuk mengurangi penggunaan kertas atau paperless. Setelah sosialisasi beberapa waktu yang lalu ,seluruh SKPD juga baru saja selesai pelatihan terkait dengan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) yang diharapkan akan disusul dengan paperless terutama terkait dengan surat undangan.

"Kami berupaya meningkatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat melalui e-government," kata Agus.
KR-STR