Bantul menyiapkan program meraih penghargaan Adipura 2018

id Bantul

Bantul menyiapkan program meraih penghargaan Adipura 2018

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan beberapa program untuk dapat meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup pada 2018 setelah pada 2017 hanya mendapat sertifikat Adipura.

"Adipura harus dapat kita raih yang diantaranya dengan program Sukses Adi Wiyata untuk sekolah, Program Bersih Sampah 2019 dan program meraih Adipura Tahun 2018," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul Masharun Ghazalie di Bantul, Senin.

Menurut dia, pada acara Evaluasi Program Adipura Bantul Tahun 2016/2017, tahun 2017 Bantul baru dapat meraih Sertifikat Adipura yang beberapa waktu lalu diterima dari Presiden melalui Kementerian Lingkungan Hidup di Auditorium Manggala Wanabhakti Jakarta Pusat.

Ia mengatakan, dilaksanakan kegiatan evaluasi dengan mengundang semua organisasi perangkat daerah (OPD), sekolah, camat, lurah dan pihak terkait bermaksud untuk menginformasikan bahwa program Adipura harus dapat dapat diraih pada 2018.

"Untuk mencapai hal itu perlu dilakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung Adipura. Untuk itu diundang semua OPD untuk bersatu padu khususnya dalam hal pengelolaan sampah," kata Masharun.

Menurut dia, ada beberapa agenda yang akan dilakukan di 2017 ini diantaranya setiap bulan melakukan koordinasi dengan semua OPD terkait dilanjutkan untuk melaksanakan kegiatan di lapangan yang hasilnya akan dievaluasi tim dari Pemda DIY.

"Pada Oktober 2017 panitia akan menghadirkan tim dari pusat untuk bisa memberikan pembinaan dan evaluasi dengan harapan pada bulan Februari 2018, Program Bantul Bersih siap menyambut Adipura dapat diluncurkan," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan perjuangan meraih Adipura ada dua bagian yakni prestasi dan prestise. Dengan prestasi bisa ciptakan lingkungan yang bagus dan bersih, sedangkan prestise adanya pengakuan bahwa Bantul yang merupakan harga diri masyarakat Bantul bertekad meraih Adipura.

"Kita semua harus mempunyai semangat yang sama dalam mengangkat harkat dan martabat untuk diakui sebagai kabupaten dan layak mendapat penghargaan Adipura," kata Suharsono.

Bupati menambahkan, Bantul harus mempunyai sanitasi yang baik, bank sampah yang bagus, penghijauan yang harmonis, nama-nama jalan yang jelas, jalan lingkungan yang bersih, pasar, lingkungan perkantoran dan sekolah harus dibenahi dengan sebaik-baiknya.

"Untuk itu semua pihak mempunyai kewajiban moral, baik pemerintah yang terdiri dari OPD dan seluruh masyarakat Bantul harus bergerak cepat untuk membenahi lingkungan masing-masing," katanya.***4***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024