Rabu, 18 Oktober 2017

Lapas Sleman mengajukan remisi 325 warga binaan

id Lapas Sleman mengajukan remisi 325 warga binaan
Lapas Sleman mengajukan remisi 325 warga binaan
Ilustrasi remisi () (antaranews)
Sleman, (Antara Jogja) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengajukan remisi umum dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2017 untuk 325 warga binaan.

"Remisi merupakan hak semua warga binaan," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Sleman, Turyanto ketika audiensi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman, Kamis.

Menurut dia, warga binaan yang diusulkan untuk langsung bebas ada sebanyak delapan orang.

"Kalau nanti ternyata jumlahnya yang disetujui turun, itu kami juga tidak tahu ya. Tapi kewajiban kami kan mengusulkan," katanya.

Ia mengatakan, jumlah warga binaan yang ada di Kabupaten Sleman telah melebihi kapasitas yang seharusnya. Tercatat ada 325 warga binaan yang tengah menghuni Lapas Sleman.

"Sedangkan Lapas Sleman saat ini hanya mempunyai daya tamping sebanyak 196 orang," katanya.

Turyanto mengatakan, terkait jumlah staf di Lapas Sleman, di Lapas Sleman juga tengah mengalami kekurangan personel.

"Saat ini di Lapas Sleman hanya ada 110 staf yang harus mengawasi 325 warga binaan. Kami sudah mengajukan ke pusat. Semoga nanti akan mendapat 19 staf tambahan," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, dirinya telah melakukan upaya untuk menekan angka kriminalitas yang ada di Kabupaten Sleman. Dirinya mengaku telah berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan para rektor perguruan tinggi se DIY untuk mensosialisaikan terhadap mahasiswanya terkait pencegahan tindak kriminalitas di Kabupaten Sleman.

"Untuk sekarang ini yang kami tekankan adalah kaitannya dengan peredaran narkotika dan pergaulan bebas," katanya.

.Lapas Sleman akan menggelar beberapa rangkaian acara untuk menyabut HUT ke-72 RI dengan tajuk "Semarak Agustus".

Acara tersebut akan dilaksanakan sepanjang Agustus, yaitu mulai 1 hingga 31 Agustus 2017 di antaranya Lapas Sleman akan mengadakan berbagai jenis perlombaan seperti lomba balap bakiak, lomba engrang, dan lomba menyanyi lagu daerah.


(U.V001)

Editor: Luqman Hakim

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga