Dekranasda Yogyakarta kembali buka toko online UMKM

id toko online UMKM

Dekranasda Yogyakarta kembali buka toko online UMKM

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat meninjau stan dalam Gelar Potensi Koperasi yang digelar di Malioboro Mall 25-29 Juli. (Foto ANTARA/Eka Arifa.)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Yogyakarta kembali membuka toko online untuk memfasilitasi pemasaran bagi usaha mikro kecil dan menengah yang pernah dibuka tujuh tahun lalu namun belum memberikan hasil optimal.

"Tujuh tahun lalu, sempat ada toko online yang dibuka. Namun, tidak bisa memberikan hasil maksimal karena berbagai faktor seperti ketidaksiapan usaha mikro kecil dan menengah untuk memenuhi pesanan," kata Sekretaris Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta Andi Purnawan Putra di Yogyakarta, Senin.

Sedangkan toko online yang segera dibuka tahun ini, lanjut dia, akan dikelola dengan lebih baik, bahkan Dekranasda Kota Yogyakarta bekerja sama dengan BNI untuk mewujudkan toko online yang bisa diakses di alamat geraijogjacreative.bni-ecollection.com.

Pada tahap awal, toko online tersebut akan diisi 12 usaha mikro kecil dan menengah yang memenangi Dekranasda Kota Yogyakarta Award, di antaranya adalah produk batik dari Smart Batik, Dluwang Art yang akan menampilkan berbagai kerajinan dari kertas koran, serta permainan anak-anak dari ABC Toys.

"Pengisi toko online dipilih dengan baik, harapannya bisa selalu memenuhi permintaan dari konsumen," katanya.

Andi mengatakan, jika seluruh usaha mikro kecil dan menengah yang menjadi anggota Dekranasda Kota Yogyakarta dipaksakan untuk menampilkan produk mereka di toko online tersebut maka dikhawatirkan kejadian yang sama seperti tujuh tahun lalu bisa kembali terulang.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Lucy Irawati mengatakan, pemasaran secara daring sudah menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat ini.

"Peluncuran toko online tersebut kami jadwalkan di sela-sela dengan kegiatan pameran UMKM yang bertema "Gempita Kreasi Kriya Jogja". Peluncuran toko akan kami lakukan Sabtu (19/8) di Atrium Malioboro Mall," kata Lucy.

Sementara itu, Gempita Kreasi Kriya Jogja akan menampilkan 38 peserta dengan beragam produk seperti batik kayu, kerajinan kulit, fashion batik, perak, bordir, aksesoris dan berbagai kerajinan lain. Pameran akan digelar selama lima hari mulai Rabu (16/8) hingga Minggu (20/8).

"Peserta pameran dipilih secara khusus, yaitu UMKM yang sudah mampu menghasilkan produk berkualitas baik, dan mampu menghasilkan produk secara terus menerus sehingga bisa memenuhi pesanan," katanya.

(U.E013)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024