Kemenlu gelar pameran foto "Diplomasi Indonesia"

id Kemenlu gelar pameran foto Diplomasi Indonesia

Kemenlu gelar pameran foto "Diplomasi Indonesia"

Pameran foto Kemenlu dengan tajuk "Diplomasi Indonesia" (ist)

Jakarta (Antara) - Kementerian Luar Negeri RI menggelar pameran foto bertajuk "Diplomasi Indonesia" untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 RI dan Kemlu, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Catatan sejarah akan mudah dilupakan bila tidak diingatkan kepada generasi berikutnya. Hal ini mendorong Kementerian Luar Negeri RI untuk melaksanakan Pameran Foto bertajuk Diplomasi Indonesia," kata Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir.

Pameran foto tersebut diadakan di Gedung Garuda, Kementerian Luar Negeri di Jakarta.

Di hadapan para tamu undangan yang juga terdiri dari para siswa sekolah menengah atas, Wamenlu AM Fachir menyampaikan bahwa Kemlu merupakan kementerian pertama yang berdiri dua hari setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

"Mesin diplomasi Kemlu inilah yang memperjuangkan pengakuan internasional terhadap kemerdekaan Indonesia. Sebagian kecil dokumentasi dari upaya tersebut kami tampilkan di sini," ujar dia.

Pameran tersebut menampilkan foto-foto yang mendokumentasikan kiprah diplomasi Indonesia dari masa ke masa, mulai dari Sidang Dewan Keamanan PBB pada 1947, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok 1961, KTT APEC 1994, hingga KTT IORA dan KTT ASEAN 2017, serta berbagai pertemuan bilateral.

Salah satu foto ikonik dan tertua adalah foto yang memuat Sutan Sjahrir, Agus Salim, Sudjatmoko, Sumitro Djojohadikusumo, dan Charles Thambu saat mengikuti Sidang Dewan Keamanan PBB di New York pada 14 Agustus 1947.

Selain itu, pameran itu juga menampilkan koleksi foto kegiatan bantuan teknik pembangunan kapasitas yang diberikan Indonesia kepada negara-negara berkembang di kawasan Afrika, Asia Pasifik, dan Timur Tengah dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST).

Pameran foto "Diplomasi Indonesia" itu terbuka untuk masyarakat umum pada tanggal 15, 16, 18 dan 21 Agustus 2017 pukul 09.00-16.00 waktu Indonesia bagian barat (WIB).***2*** (Y012)