UNY beri pembinaan "soft skills" mahasiswa baru

id UNY

UNY beri pembinaan "soft skills" mahasiswa baru

UNY (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan pembinaan "soft skills" bagi 5.467 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

"Pembinaan `soft skills` diperlukan agar mahasiswa dapat memiliki keterampilan berinteraksi dengan orang lain, karena manusia sulit untuk hidup tanpa adanya interaksi dengan manusia lain. Ini menjadi kunci kesuksesan baik dalam pekerjaan maupun kehidupan bermasyarakat," kata Rektor UNY Sutrisna Wibawa di Yogyakarta, Rabu.

Pada pembukaan pembinaan "soft skills" mahasiswa baru UNY, Sutrisna mengatakan kegiatan itu untuk menyiapkan mahasiswa baru agar dapat belajar di UNY secara mandiri karena pola belajar di perguruan tinggi berbeda dengan sekolah menengah atas (SMA).

"Selain mengajarkan cara bersikap juga mengembangkan kecerdasan intelektual, emosi, dan spiritual, karena ketiga kecerdasan itu harus berimbang. Mahasiswa baru dapat mengembangkan diri masing-masing karena `student center learning` menjadi yang terpenting di perguruan tinggi," kata Sutrisna.

Ketua pelaksana kegiatan Nurtanio Agus Purwanto mengatakan, pembinaan "soft skills mahasiswa baru UNY dilaksanakan hingga November 2017 dan dibagi atas beberapa tahap. Pada tahap awal akan dibina mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN disusul SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

"Pembinaan `soft skills` di UNY dilakukan dalam proses pembelajaran maupun ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membentuk `soft skills` adalah organisasi mahasiswa," kata dia.

Menurut dia, UNY memfasilitasi pengembangan "soft skills" mahasiswa secara bertahap sejak mereka diterima. Tujuannya untuk menghasilkan insan unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

Materi yang disampaikan dalam pembinaan itu meliputi kebijakan UNY menuju keunggulan, transformasi kehidupan kampus, pembinaan prestasi mahasiswa, peningkatan kesejahteraan mental mahasiswa, etika perilaku mahasiswa.

Selain itu, pengembangan karir, membangun organisasi kemahasiswaan yang berkarakter, pengembangan karakter mahasiswa berbasis budaya lokal Indonesia serta pemberdayaan potensi mahasiswa dan etika beragama.

Ia mengemukakan kegiatan pembinaan "soft skills" itu diikuti 5.467 mahasiswa baru dari seluruh fakultas di UNY yang terbagi atas 114 kelas.

"Fakultas Ilmu Pendidikan mengikutsertakan 862 mahasiswa baru, Fakultas Bahasa dan Seni (909), Fakultas MIPA (847), Fakultas Ilmu Sosial (673), Fakultas Teknik (1.060), Fakultas Ilmu Keolahragaan (574), dan Fakultas Ekonomi (542)," kata Nurtanio.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024