Disbud Sleman selenggarakan Festival Ketoprak

id ketoprak

Disbud Sleman selenggarakan Festival Ketoprak

Ilustrasi (antarafoto.com)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Festival Ketoprak Antarkecamatan se-Kabupaten Sleman dalam rangka "Gelar Budaya Jogja".

Festival ketoprak dilaksanakan selama 9 hari berturut-turut mulai 19 hingga 27 Agustus 2017 mulai pukul 19.00 WIB di Lapangan Sendangagung, Minggir Sleman ini juga sekaligus untuk menggali potensi dan regenerasi seniman yang ada di Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara di Sleman, Jumat.

Menurut dia, Festival Ketoprak 2017 diikuti sebanyak 17 grup ketoprak perwakilan dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Sleman.

"Maksud dan tujuan diselenggarakannya festival tersebut guna menyukseskan Gelar Budaya Jogja yang merupakan program besar Dinas Kebudayaan DIY," katanya.

Ia mengatakan bahwa festival juga untuk menggali dan menjaring potensi seniman ketoprak yang ada di tengah masyarakat serta sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah Kabupaten Sleman terhadap kelestarian kehidupan seni teater tradisional, khususnya ketoprak.

"Dengan festival ini, kami berharap dapat menggugah kembali semangat kebersamaan dalam rangka beraktivitas dan berkreasi dalam bingkai kompetisi di kalangan seniman seniwati ketoprak," katanya.

Aji mengatakan bahwa festival itu bertujuan untuk melestarikan seni tradisi lokal serta menumbuhkan apresiasi seni masyarakat luas terhadap seni ketoprak.

"Kita berharap ajang ini dapat menjadi media beraktivitas dan peningkatan kualitas seniman ketoprak guna mempertahankan eksistensi jati diri seniman ketoprak sebagai salah satu akar budaya seni kerakyatan. Hal ini untuk mendukung dan mengimplementasikan keistimewaan DIY," katanya.

Festival itu memperebutkan hadiah sebesar Rp59,5 juta dengan perincian untuk penyaji terbaik pertama memperoleh hadiah sebesar Rp10 juta, penyaji terbaik dua Rp7,5 juta, penyaji terbaik tiga Rp6 juta, dan penyaji terbaik empat Rp5,5 juta.

"Penyaji terbaik lima mendapatkan Rp4 juta penyaji terbaik enam Rp3,5 juta, dan penyaji pembinaan terbaik Rp3 juta," katanya.

Untuk penghargaan perorangan meliputi untuk sutradara terbaik, penata iringan terbaik, penata rias busana terbaik,?pemeran utama pria terbaik, pemeran utama wanita terbaik, pemeran pembantu pria terbaik, pemeran pembantu wanita terbaik, dan artistik terbaik masing-masing akan memperoleh hadiah sebesar Rp2,5 juta.

Ia menyebutkan nama anggota dewan juri, yakni Suharsoyo, Purwatmadi, dan Sukaca.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024