Gunung Kidul pantau peternakan sapi

id sapi

 Gunung Kidul pantau peternakan sapi

Ilustrasi peternakan sapi (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan pemantauan peternakan sapi dan kambing di wilayah Kecamatan Wonosari.

Kepala Bidang Peternakan DPP Kabupaten Gunung Kidul Suseno Budi, di Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan monitoring dilakukan secara intensif sebelum Iduladha 1 September 2017.

"Sampai saat ini sudah ada tiga lokasi yang dilakukan monitoring," kata Suseno lagi.

Dia menyebutkan pemeriksaan dilakukan di Kecamatan Wonosari, yakni di Dusun Winong, Desa Siraman; Dusun Karangasem, Desa Pulutan; dan Dusun Singkar I, Desa Karangrejek. "Pemeriksaan hasilnya baik, tak ada kendala berarti," katanya pula.

Suseno mengatakan pelaksanaan pemeriksaan ini untuk memberikan kenyamanan kepada umat Islam yang akan menyembelih hewan kurban. Pemeriksaan juga akan menyasar pasar hewan di Gunung Kidul.

"Semua hewan yang keluar Gunung Kidul wajib diperiksa melalui tes laboratorium dan memiliki surat," kata dia.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Gunung Kidul Mukotip mengungkapkan persiapan Hari Raya Kurban di masyarakat sampai sekarang sudah dimulai. "Para takmir masjid di Gunung Kidul sudah membentuk kepanitian Hari Raya Kurban," katanya pula.

Dia menyatakan seiring peningkatan perekonomian masyarakat setempat, banyak yang melakukan persiapan menghadapi Hari Raya Kurban.

"Sekarang, ekonomi masyarakat meningkat cukup baik, sehingga persiapan Hari Raya Kurban jauh hari dilaksanakan," katanya lagi.

KR-STR