Bekraf-ISI gelar"Bekraf Creative Labs" di Yogyakarta

id bekraf

Bekraf-ISI gelar"Bekraf Creative Labs" di Yogyakarta

logo badan kreatif (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Badan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia Yogyakarta menggelar "Bekraf Creative Labs" di Yogyakarta.

Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Wawan Rusiawan di Yogyakarta, Minggu, mengatakan "Bekraf Creative Labs" (BCL) yang tediri atas dua acara inti, yakni Indonesian Kriya Festival (IKrafest) dan Jogja Creative Music (JogCreaSic) menjadi ajang temu pelaku ekonomi kreatif susbsektor kriya dan musik di Indonesia.

"Kita akan membahas mengenai potensi, permasalahan, tantangan, dan peluang penumbuhkembangan ekonomi kreatif yang berbasis pada sektor kriya dan musik," kata Wawan seusai membuka acara itu.

Dalam acara yang digelar mulai 26 hingga 28 Agustus 2017 itu, IKraFest akan memamerkan produk unggulan sektor kriya dengan menghadirkan UKM, kriyawan, serta komunitas kriya dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali.

Sedangkan JogCreaSic akan menyajikan "master class", "workshop", dan "talkshow" mengenai dunia musik. Dalam workshop aransemen dan komposisi berbasis ekonomi kreatif akan menghadirkan seniman musik, Djaduk Ferianto dan Oni Krisnerwinto.

Wawan menilai acara BCL yang pertama kali digelar tersebut sangat efektif untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif khususnya di lini kreasi hasil kerja sama dengan perguruan tinggi.

"Kerja sama Bekraf dengan perguruan tinggi sangat penting untuk mengembangkan ekonomi kreatif seiring dengan terus berkurangnya potensi sumber daya alam (SDA)," kata dia.

Selain dengan ISI, menurut dia, Bekraf juga menjalin kerja sama dengan banyak perguruan tinggi lainnya seperti dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk sektor komunikasi visual dan desain produk, Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk sektor kuliner dan penerbitan, serta Universitas Indonesia (UI) untuk sektor arsitektur dan desain interior. "Perguruan Tinggi sangat membantu kami mengembangkan riset industri kreatif," kata dia.

Menurut Wawan, kriya dan musik memiliki potensi yang besar mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia. Kontribusi subsektor kriya terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif pada 2015 mencapai Rp133,8 triliun, sedangkan subsektor musik menyumbang Rp3,9 triliun.

Kontribusi keduanya terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) Ekonomi Kreatif masing-masing mencapai 15,7 persen dan 0,47 persen atau sebesar 1,16 persen dan 0,03 persen terhadap PDB nasional, dengan pertumbuhan masing-masing sektor mencapai 4,51 persen dan 7,26 persen.

Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Agus Burhan berharap sinergi pemerintah melalui Bekraf dengan ISI Yogyakarta bisa terus berlangsung sehingga bisa memberikan sumbangan besar terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Ekonomi kreatif yang menekankan pada kreativitas SDM merupakan tren baru yang berkembang di dunia saat ini. Sektor ini berpotensi menjadi tulang punggung perekonomian nasional," kata dia.

L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024