Wabup berharap pangan lokal dongkrak ekonomi masyarakat

id pangan lokal

Wabup berharap pangan lokal dongkrak ekonomi masyarakat

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan lomba menu pangan lokal. (Foto Mamiek/Antara)

Sleman (Antara Jogja) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Muslimatun berharap pengembangan dan pemanfaatan produk pangan lokal dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Pengembangan dan pemanfaatan produk pangan lokal diharapkan tidak hanya sebagai pangan alternatif, tetapi lebih dari itu pengembangan pangan lokal akan berdampak positif bagi pengembangan ekonomi masyarakat," kata Sri Muslimatun di Sleman, Kamis.

Menurut dia, pengembangan pangan lokal juga diharapkan berimplikasi bagi peningkatan derajat kesejahteraan keluarga.

Dikatakannya, optimalisasi keberadaan produk pangan lokal dapat terwujud jika sumber daya manusia pengolah produk-produk tersebut memiliki kompetensi yang baik serta inovasi untuk mampu mengolah produk lokal yang ada sebagai sumber pangan sehingga mampu mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

"Kami harapkan para petani untuk terus berani mengeksplorasi diri dengan ide-ide kreatif dalam mengolah dan memanfaatkan produk pangan lokal yang kita miliki," katanya.

Ia mengatakan inovasi dan kreativitas inilah yang menjadi modal bagi peningkatan nilai tambah produk pangan lokal yang ada.

"Yang tidak kalah penting adalah kesigapan para penyuluh pertanian untuk dapat terus memberikan pendampingan dan motivasi para petani untuk dapat terus berinovasi," katanya.

Sri Muslimartun berharap penyuluh dapat meningkatkan pendampingan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan potensi dan nilai tambah pada produk pangan lokal di Kabupaten Sleman.



(U.V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024