Optimalisasi pengelolaan PIH terganjal status aset

id ikan higienis

Optimalisasi pengelolaan PIH terganjal status aset

Pasar Ikan Higienis Yogyakarta (Foto Antara/Azhar Qodrat)

Yogyakarta (Antara) - Optimalisasi Pasar Ikan Higienis untuk mendukung pengembangan pariwisata Yogyakarta bagian selatan belum dapat dilakukan secara penuh karena terganjal status aset bangunan yang masih menjadi milik pemerintah pusat.

"Sampai saat ini, status aset bangunan Pasar Ikan Higienis masih merupakan milik pemerintah pusat. Belum diserahkan ke Pemerintah Kota Yogyakarta," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, Dinas Pertanian dan Pangan terus melakukan koordinasi untuk perubahan status aset bangunan Pasar Ikan Higienis tersebut sehingga dapat dicatatkan sebagai aset milik Pemerintah Kota Yogyakarta.

Namun demikian, lanjut Sugeng, perubahan status aset tersebut tidak mudah karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui meskipun Kementerian Keuangan sudah menyatakan persetujuannya. "Tinggal berkoordinasi dengan Pemerintah DIY terkait perubahan aset ini," katanya.

Semula, Pasar Ikan Higienis yang berada di Jalan Tegalturi Yogyakarta tersebut dimanfaatkan sepenuhnya untuk jual beli ikan yang didominasi ikan tangkap dan lahan ikan. Namun, kegiatan tidak dapat berjalan dengan baik sehingga tidak diteruskan.

Setelah kosong selama beberapa waktu, kini Pasar Ikan Higienis tersebut dimanfaatkan kembali oleh pihak ketiga untuk usaha rumah makan yang menyajikan berbagai menu dari ikan.

Pemerintah Kota Yogyakarta bahkan sudah mengeluarkan peraturan wali kota terkait ketentuan sewa untuk pemanfaatan Pasar Ikan Higienis tersebut. "Dalam setahun, nilai sewa yang ditetapkan adalah Rp51 juta. Sewa minimal dua tahun," katanya.

Sugeng menyebut, restoran di Pasar Ikan Higienis tersebut sering memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang ke Yogyakarta. "Pada saat musim liburan, bisa ada rombongan wisatawan sebanyak 20 hingga 25 bus yang transit di rumah makan tersebut untuk makan," katanya.

Ia berharap, proses pengalihan aset Pasar Ikan Higienis dari pusat ke daerah tersebut berjalan lancar sehingga Pemerintah Kota Yogyakarta dapat mengelolanya secara lebih optimal.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yogyakarta juga berencana membangun "science park" yang berada tepat di depan Pasar Ikan Higienis guna mengembangkan pariwisata di Yogyakarta bagian selatan.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024