"Jelajah Wisata Merapi" tawarkan keindahan flora Merapi

id Jelajah wisata

"Jelajah Wisata Merapi" tawarkan keindahan flora Merapi

Wisata Volcano Tour Merapi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sleman (Antara) - Event wisata tracking "Jelajah Wisata Merapi 2017" yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 10 September menawarkan keindahan anaeka ragam flora di kawasan lereng Gunung Merapi.

"Jelajah wisata merupakan kegiatan olahraga yang dikemas dalam bentuk wisata atau `sport tourism`. Selain wisata budaya dan alam, salah satu potensi wisata yang bisa mendulang kunjungan wisatawan adalah `sport tourism`," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, Selasa.

Ia mengatakan, bekerja sama dengan Forkom Desa Wisata dan Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Dinas Pariwisata Sleman kembali menggelarevent sport tourism, Jelajah Wisata 2017.

"Dengan mengusung tema Pesona Flora Lereng Merapi, peserta Jelajah Wisata Merapi 2017 akan disuguhi keindahan flora lereng Merapi, seperti anggrek Vanda Tricolor, Dendrobium Mutabile, dan berbagai jenis bambu yang banyak tumbuh di lereng Merapi," tuturnya.

Ia mengatrakan, selain berjalan kaki, peserta Jelajah Wisata dapat mengabadikan pesona lereng Merapi melalui foto yang dapat diunggah ke instagram dengan hastag #JelajahWisata2017, #PesonaFloraMerapi, #TNGM, #TNGunungMerapi, #PesonaLiburanSleman, dan #theLivingCulture dengan mention @wisatasleman, dan @btngunungmerapi.

"Foto dengan `like` terbanyak akan mendapatkan hadiah dari sponsor," ucapnya.

Sudarningsih mengatakan, dalam event ini, akan diadakan pula edukasi dari Taman Nasional Gunung Merapi, bersih gunung, dan kuis yang semuanya berhadiah.

"Event ini terbuka bagi umum, dengan masa pendaftaran dimulai dari 18 Agustus 2017. Warga masyarakat yang berminat dapat mendaftarkan dirinya dengan membawa bukti diri yang masih berlaku ke Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Jalan KRT Pringgodiningrat No. 13, Tourist Information Center di Malioboro dan Kaliurang, serta di beberapa Desa Wisata yang berlokasi di kawasan utara Kabupaten Sleman," ujarnya.

Selanjutnya mulai 5 September 2017, warga masyarakat yang berminat dipersilahkan mendaftarkan diri ke Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Jl. KRT Pringgodiningrat No. 13.

"Saat ini sudah ada pendaftar 6d0 peserta dari target 1000 peserta. Taget1.000 peserta yakin tercapai. Per hari bisa merangkum pendaftar 100an, jelang penutupan bisa melonjak," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024