Kecamatan gelar Festival Rakyat meriahkan HUT Yogyakarta

id festival

Kecamatan gelar Festival Rakyat meriahkan HUT Yogyakarta

ilustrasi (Foto titik0km.com) (titik0km.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Seluruh kecamatan di Kota Yogyakarta akan menggelar festival rakyat di wilayahnya masing-masing sebagai bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun ke-261 Kota Yogyakarta yang digelar tiap akhir pekan.

"Selama September ini akan ada kemeriahan di tiap kecamatan khususnya akhir pekan yaitu Jumat dan Sabtu malam. Tiap kecamatan akan menggelar festival secara bergantian sesuai jadwal yang sudah ditetapkan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, setiap kecamatan dapat menampilkan potensi kesenian dan kebudayaan yang dimiliki dan menjadi unggulan wilayah di panggung terbuka yang dapat menjadi hiburan bagi warga.

"Peringatan hari ulang tahun Kota Yogyakarta adalah pesta rakyat. Kami berharap kemeriahan dan kegembiraan peringatan ulang tahun ini bisa dirasakan oleh seluruh warga masyarakat," katanya.

Kecamatan, lanjut dia, dapat memilih lokasi pelaksanaan festival kesenian, termasuk untuk penataan panggungnya. Kecamatan yang akan membuka festival kesenian wilayah adalah Kecamatan Umbulharjo pada Jumat (8/9) malam bertempat di Jalan Glagah Sari. Setiap festival akan dimulai pukul 19.00 WIB.

Bahkan tidak jarang setiap kecamatan tidak hanya menyiapkan satu panggung saja tetapi jumlah panggung disesuaikan dengan jumlah kelurahan yang ada di kecamatan tersebut.

"Misalnya saja Kecamatan Mergangsan akan membuat tiga panggung karena ada tiga kelurahan. Seluruhnya akan dipusatkan dari simpang empat Tungkak hingga simpang Jalan Brigjen Katamso," katanya. Festival Rakyat di Kecamatan Mergangsan akan digelar 15 September.

Begitu pula dengan Kecamatan Gondokusuman yang akan menyiapkan enam panggung sesuai jumlah kelurahan yang ada di wilayah tersebut. Lokasi festival dipusatkan di Ngebanan atau sekitar Jembatan Gondolayu. Festival digelar 30 September.

Selain festival kesenian di wilayah, Pemerintah Kota Yogyakarta sudah menyiapkan 16 kegiatan yang menjadi rangkaian hari ulang tahun ke-261 Kota Yogyakarta baik acara pra, saat ulang tahun maupun pascaulang tahun.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan "wiwitan" yang digelar Kamis (7/9) malam sekaligus meluncurkan logo hari ulang tahun Kota Yogyakarta yang berbentuk gunungan dengan berbagai ornamen syarat makna di dalamnya.

Hari ulang tahun Kota Yogyakarta akan dirayakan tepat 7 Oktober dengan kegiatan pawai budaya Wayang Jogja Night Carnival.

Selama satu bulan penuh, seluruh komponen masyarakat diminta membuat lampion berbentuk gunungan logo HUT Kota Yogyakarta yang dipasang selama satu bulan mulai 15 September hingga 15 Oktober.

E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024