Pemkab bangun jalan tembus Kulon Progo-Purworejo

id kulon progo

Pemkab bangun jalan tembus Kulon Progo-Purworejo

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun jalan tembus yang menghubungkan dengan Kabupaten Purworejo, tepatnya di Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukimanan (DPUPKP) Kulon Progo Sukoco di Kulon Progo, Selasa, mengatakan anggaran pembangunan jalan tembus Kulon Progo-Purworejo sebesar Rp930 juta.

"Pembangunan jalan tembus Purworejo akan menghubungkan jalan bedah menoreh di Kabupaten Kulon Progo dengan kawasan wisata Gua Seplawan di Kabupaten Purworejo dan akan mempunyai banyak manfaat seperti peningkatan kegiatan produktif di bidang pariwisata, pertanian dan perkebunan serta perekonomian masyarakat, baik Purworejo maupun Kulon Progo," kata Sukoco.

Ia mengatakan ada empat tahap yang dilakukan untuk pembangunan jalan tersebut yakni tahap pertama pembuatan rencana detail teknis pembangunan jalan tembus Purworejo sudah dilaksanakan 2016 dengan anggaran kontrak sebesar Rp48 juta.

Tahap kedua adalah pengadaan tanah yang dilaksanakan 2017 dengan pengadaan langsung. Tanah yang dibebaskan seluas 2.607 meter persegi, terdiri dari sembilan bidang/pemilik dengan status SHM warga Pedukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo. Total anggaran sebesar Rp456,66 juta sudah dibayarkan kepada masyarakat yang berhak pada 31 Agustus 2017.

Tahap ketiga adalah pelaksanaan kontruksi pembangunan jalan tembus Purworejo dilaksanakan 2017 berupa pembuatan badan jalan dengan waktu pelaksanaan selama 75 hari kalender, dari 14 September sampai dengan 27 November 2017 dengan nilai kontrak Rp618,358 juta dengan panjang jalan 205 meter, lebar jalan 14 meter.

Sedangkan tahap keempat yakni untuk 2018 akan dilaksanakan pembuatan cor beton dengan lapis aspal dengan panjang 205 meter dan lebar tujuh meter.

"Keberhasilan pembangunan jalan tembus ini dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan semua pihak, terutama warga yang telah merelakan tanahnya untuk dibangun jalan penghubung ini," kata Sukoco.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan jalan itu sebagai salah satu sarana komunikasi antara Purworejo dan Kulon Progo.

Menurut dia, jalan tembus ke Purworejo adalah bagian dari bedah menoreh, yang kemudian membedah kearah Purworejo terlebih dahulu. Karena konektivitas terhadap Purworejo penting sekali karena ada wisatanya juga, Gua Seplawan.

"Saya kira jalan ini harus bisa diakses dari Purworejo dan dari Kulon Progo dengan baik. Pelebaran pembukaan jalan ini dibuat lebih lebar dari jalan `existing` yang sudah ada," katanya.

Jalan itu juga merupakan upaya meningkatkan pariwisata yakni Gua Kiskendo, Gunung Gajah, Kalibiru, Waduk Sermo, yang akan dihubungkan dengan Gua Seplawan sehingga bisa menjadi satu kawasan.

"Dari jalan `existing` sampai Gua Seplawan hanya satu kilometer. Dari Kulon Progo 200 meter dan nyambung milik Purworejo 700 meter. Sangat dekat sekali. Gunung Gajah, Gua Kiskendo, Gua Seplawan ini jadi satu koneksitas, satu area. Yang sedang dibangun ini ranah Kulon Progo, karena yang di Purworejo sudah selesai dahulu," paparnya. ***3***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024