Kambing mati mendadak resahkan warga Pengasih

id kambing, anjing liar

Kambing mati mendadak resahkan warga Pengasih

Ilustrasi kambing

Kulon Progo, 2/10 (Antara) - Warga Dusun Blumbang, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, resah dengan kematian tiga kambing dan seekor ayam secara mendadak yang diduga digigit kawanan anjing liar.

Salah satu pemilik kambing yang mati mendadak, Sawidi di Kulon Progo, Senin, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB.

Ia mengatakan saat itu dirinya keluar rumah untuk memantau keadaan di sekitar, tetapi tiba-tiba dirinya hampir tertabrak ajing besar yang lari melintas. Sawidi mengaku melihat tiga anjing sedang berlari ke kandang.

"Setelah saya cek kandang, dua kambing milik saya sudah tergeletak lemas di luar kandang dengan luka di leher. Sedangkan di dalam kandang satu kambing sudah dalam kondisi mati dan seekor lagi masih hidup meski juga mengalami luka yang sama," katanya.

Sawidi langsung memukul kentongan untuk memanggil warga sehingga mengetahui peristiwa tersebut dan diketahui ada satu ekor ayam milik Tukijo juga bernasib sama.

"Kami langsung melaporkan kejadian tersebut ke polisi dan dinas," katanya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulon Progo Drajat Purbadi menduga predator penyerang hewan ternak warga Blumbang dimungkinkan memang kawanan anjing liar. Hal ini berdasarkan informasi dari warga.

Menurutnya, awal mula anjing tersebut merupakan hewan telantar lalu berkelompok menjadi kawanan. Hewan tersebut juga cenderung berkelompok saat mencari makan.

Ia menduga kawanan anjing liar yang memangsa ternak karena ketersediaan pakan di habitatnya kurang.

"Kalau kekurangan pakan, dia akan mencari makanan yang mudah didapat di sekitarnya. Misalnya, ayam dan kambing yang dikandangkan," kata Drajat.

Ia mengatakan petugas telah mendatangi lokasi kejadian dan melakukan sejumlah tindakan, di antaranya memberikan antibiotik terhadap satu kambing yang selamat dari serangan tersebut karena hanya tergigit kakinya.

Untuk mengantisipasi munculnya kejadian serupa, pihaknya meminta para peternak di sekitar Pengasih untuk meningkatkan kewaspadaan, di antaranya dengan merapatkan kandang, memasang lampu dan dihidupkan saat malam hari, serta meningkatkan siskamling.

"Kami akan membuat surat edaran ke seluruh camat di Kulon Progo untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan anjing liar. Kami juga akan mencoba membuat jebakan yang dipasang di lokasi yang diperkirakan ada sarang anjing liar," kata Drajat. ***4***