Waspadai kepadatan imbas penutupan jalan sekitar Tugu

id macet

Waspadai kepadatan imbas penutupan jalan sekitar Tugu

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/ama/16)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan di sekitar Tugu Yogyakarta selama perhelatan Wayang Jogja Night Carnival dan pengguna jalan diharapkan mewaspadai kepadatan lalu lintas sebagai imbasnya.

"Ada beberapa ruas jalan yang akan kami tutup pada hari Sabtu (7/10)," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Kamis.

Penutupan diperkirakan dimulai sekitar pukul 17.30 WIB hingga 22.00 WIB atau hingga berakhirnya acara Wayang Jogja Night Carnival.

Sejumlah ruas jalan di sekitar Tugu yang akan ditutup saat perhelatan kirab budaya sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun Ke-261 Kota Yogyakarta di Jalan Jenderal Sudirman dari simpang empat Gramedia hingga Jalan Diponegoro, serta di Jalan Sabirin. Di dua titik tersebut, pengendara tidak lagi diperbolehkan melaju ke arah barat.

Dari sisi barat, penutupan akan dilakukan di Jalan Diponegoro dari simpang tiga Jalan Asem Gede atau dari simpang Pingit sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Kami juga akan melakukan penutupan dari sisi utara, yaitu dari simpang empat Jetis di Jalan A.M. Sangaji. Kendaraan dari arah utara tidak lagi diperbolehkan melaju ke selatan," katanya.

Ruas jalan yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas imbas dari penutupan jalan di antaranya ada di Jalan Magelang, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Wolter Mongisidi, Jalan Sarjito, Jalan C. Simanjuntak, Jalan Cik Di Tiro, serta Jalan Suroto.

"Kami akan menerjunkan petugas untuk membantu kepolisian mengatur lalu lintas. Ada pula bantuan dari sukarelawan yang jumlahnya cukup banyak sekitar 300 orang. Mohon maaf jika pada saat penutupan, pengguna jalan merasa tidak nyaman karena kepadatan lalu lintas meningkat atau harus memutar menggunakan rute lain," katanya.

Selain petugas, lanjut Golkari, Dinas Perhubungan juga dimungkinkan akan melakukan upaya manajemen durasi lampu lalu lintas untuk mengurai kepadatan.

"Warga yang tidak memiliki kepentingan di sekitar Tugu lebih baik menghindari ruas jalan tersebut agar tidak makin menambah kepadatan lalu lintas," katanya.

Warga yang ingin menikmati karnaval dapat memanfaatkan sejumlah titik parkir, di antaranya di Jalan Poncowinatan, Jalan Kranggan dan lokasi parkir di lapangan sisi timur Mc Donald.
E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024