Sabtu, 21 Oktober 2017

Bantul siapkan 30 kantong parkir Jalan Sudirman

id parkir Jalan Sudirman Bantul
Bantul siapkan 30 kantong parkir Jalan Sudirman
Ilustrasi (Foto Antara/Noveradika)
Bantul, 12/10 (Antara) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyiapkan sekitar 30 kantong parkir kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman apabila nantinya ruas jalan tersebut selesai dibangun.

"Rencananya ada 30 kantong parkir di sepanjang Jalan Sudirman antara simpang empat Gose ke selatan sampai simpang Klodran, dan ini (kantong-kantong parkir) sudah kami data," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Kamis.

Menurut dia, persoalan parkir di ruas jalan protokol wilayah perkotaan Bantul itu memang menjadi perhatian berbagai pihak, sehingga hal tersebut yang juga mendasari pembangunan kembali Jalan Sudirman sebagai bagian dari upaya penataan pusat kota Bantul.

Pembangunan Jalan Sudirman kurang lebih satu kilometer, yaitu dengan membuat dua ruas dengan median di tengah jalan, sementara sebelumnya terdapat dua median jalan di kanan kiri jalan sebagai pemisah jalur lambat dan jalur cepat.

"Soal parkir itu sudah kami rencanakan, bahkan sebelum mulai dibangun kami sudah koordinasi dengan internal Dishub. Kami sudah koordinasi, dan nanti kira-kira pertengahan bulan ini pengelola parkir di seluruh kawasan itu akan kami panggil," katanya.

Aris mengatakan, ada sekitar 30 pengelola parkir di sepanjang Jalan Sudirman tersebut yang akan dikumpulkan untuk kemudian diberikan solusi terbaik dalam penyelenggaraan parkir setelah kawasan tersebut selesai ditata pemda.

"Kita kasih solusi agar kalau jalan Sudirman sudah tertata baik, untuk parkir kita arahkan ke jalan-jalan alternatif atau sirip-sirip, misalnya di depan Pasar Bantul karena di sebelah timur ada jalan, nah di sekitar itu," katanya.

Selain berkoordinasi dengan pengelola parkir, kata dia, dalam penyediaan kantong parkir juga berkoodinasi dengan warga kampung setempat ataupun pemilik lahan, karena keberadaan parkir kendaraan akan berdampak pada kegiatan masyarakat setempat.

"Pertengahan bulan ini kita koordinasi menyikapi jangan sampai nanti ketika sudah tertata, tapi parkirnya justru tidak tertata, karena besok kan tidak ada jalur lambat, tidak seperti sebelumnya yang dipakai untuk parkir, jadi nanti parkirnya di sirip-sirip jalan raya itu," katanya. ***1***

Editor: Eka Arifa Rusqiyati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga