Bantul akan siapkan atraksi di objek wisata

id becici pentas kesenian

Bantul akan siapkan atraksi di objek wisata

Ilustrasi Pentas Kesenian. DOK (Foto ANTARA/Isroviana/ags/17)

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyiapkan atraksi ataupun pentas kesenian menghibur di sejumlah objek wisata daerah ini selama libur akhir pekan dan libur akhir tahun 2017.

"Untuk di sisi pantai selatan Bantul sebelah barat kita juga akan menampilkan atraksi di objek wisata, sebagai bagian dari upaya menyedot daya tarik wisatawan," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto di Bantul, Kamis.

Menurut dia, selain sebagai upaya meningkatkan daya tarik wisatawan, harapannya dengan atraksi dan hiburan tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan pendapatan retribusi wisatawan.

"Di dalam Perubahan APBD kita tambah kegiatan termasuk rencana pentas musik di akhir tahun itu akan hadirkan kelompok musik asal Bantul yang sudah berskala nasional, kita hadirkan di pantai selatan dalam rangka menarik wisatawan," katanya.

Selain itu, kata dia, juga beberapa event dengan mengoptimalkan kelompok kesenian asal Bantul di beberapa objek wisata, sehingga harapannya selain mengenalkan seni budaya juga upaya pemberdayaan kelompok masyarakat itu sendiri.

Kwintarto mengatakan, dengan menghadirkan kelompok musik yang sudah skala nasional di objek wisata Bantul itu menunjukkan kalau pemda punya komitmen Bantul tidak hanya sekadar wisatanya, tetapi punya kreatifitas yang jadi daya tarik nasional.

"Bahkan kita akan coba diskusi dengan berbagai pihak termasuk dengan bupati, harapannya tahun depan paling tidak pada 2019 musisi atau artis internasional bisa dihadirkan di pantai selatan. Jadi akan kita upayakan secara bertahap," katanya.

Ia mengatakan, potensi pariwisata di Bantul punya prospek berkembang menyusul adanya jalur jalan lintas selatan (JJLS) yang melintasi selatan Jawa juga visi Gubernur DIY yang ingin menjadikan pantai selatan sebagai halaman depan DIY.

"Sehingga nantinya akan ada segmen-segmen yang diminati masyarakat dan wisatawan, maka itu harapan kita dengan penataan di kawasan pantai selatan khususnya dalam pengelolaan retrbusi mudah mudahan semakin lama makin baik," katanya.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024