Bantul intensifkan pembinaan pokdarwis terkait kebersihan pantai

id pantai

Bantul intensifkan pembinaan pokdarwis terkait kebersihan pantai

Ilustrasi sampah di obyek wisata (Foto Antara/Wahyu Putro)

Bantul (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengintensifkan pembinaan terhadap kelompok sadar wisata atau pengelola wisata sepanjang pantai selatan daerah ini terkait kebersihan objek wisata tersebut.

"Di kawasan pantai selatan itu kami sedang melakukan pembinaan bahwa kebersihan objek wisata yang khusus dikelola pokdarwis itu harapan saya nanti titik letaknya lebih pada dikelola pokdarwis," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Minggu.

Menurut dia, pada pekan ini pembinaan kepada pokdarwis selaku pengelola kawasan wisata dilakukan di tiga objek pantai selatan yaitu Pokdarwis Pantai Kuwaru, Pantai Baru dan Pantai Gua Cemara yang merupakan satu pengelolaan pokdarwis.

Ia mengatakan, dalam pembinaan itu ditekankan kalau pokdarwis ikut bertanggung jawab jaga kebersihan dan tidak hanya sekadar berjualan, ikut mengelola parkir dan sebagainya tetapi tidak bertanggung jawab dalam hal mewujudkan kebersihan objek wisata.

"Jadi sekalipun kami punya petugas kebersihan di kawasan pantai namun tidak sepenuhnya jadi tanggung jawab petugas, melainkan harus ada kerja sama antara mereka apalagi area sesungguhnya yang pokok itu terdapat di kawasan bibir pantai," katanya.

Dengan demikian, kata dia, pokdarwis bertanggungjawab mengupayakan kebersihan di area tempat mereka beraktivitas atau wisatawan berkumpul saat ramai dikunjungi, sementara petugas kebersihan mengupayakan kebersihan saat objek wisata tidak ramai wisatawan.

"Jadi alangkah baiknya ada kerja sama, karena sebenarnya ketika volume pendapatan masuk di teman-teman pokdarwis meningkat jangan sampai mereka tidak peduli dengan lingkungan. Ini yang sedang kami lakukan pendekatan di semua wilayah objek wisata," katanya.

Kwintarto berharap, masalah kebersihan atau sampah di kawasan wisata yang selama ini menjadi perhatian para pihak dapat diatasi secara skematik, termasuk pada tahun 2018 nanti dalam rangka mewujudkan kebersihan lingkungan wisata akan dibentuk satgas sampah.

"Jadi satgas sampah itu petugas kebersihan di lapangan tidak sekadar hanya memungut sampah, tetapi tugasnya mereka adalah salah satunya mengingatkan wisatawan yang membuang sampah sembarangan itu dengan memberikan teguran secara baik," katanya.

(KR-HRI)