Disdikpora memasukan materi geopark dalam kurikulum pembelajaran

id materi geopark dalam kurikulum pembelajaran

Disdikpora memasukan materi geopark dalam kurikulum pembelajaran

Geopark Merangin (Foto antarasumsel.com) (antarasumsel.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengkaji untuk memasukkan materi geopark dalam kurikulum pembelajaran agar anak usia dini bisa ikut menjaga alam.

"Gambaran awalnya nanti materi geopark masuk dalam semua mata pelajaran," kata Kepala Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Rabu.

Dia mengatakan awalnya Disdikpora akan melakukan kajian akademisi terlebih dahulu, lalu materi akan disusun oleh kalangan akademisi. Setelah itu materi dilakukan sosialisasi kepada para pendidik.

"Pendidik datang dari guru dimasing-masing lembaga pendidikan. Jadi, sifatnya materi geopark itu untuk penyegaran," katanya.

Bahron mengatakan kurikulum pembelajaran geopark masuk ke jenjang pendidikan SD sampai dengan SMA sederajat. "Awalnya beberapa sekolah menjadi percontohan, kemudian selanjutnya kesemua lembaga pendidikan," katanya.

Ia berharap melalui kurikulum baru, utamanya pelajar paham dan bersemangat dalam melestarikan lingkungan. Nantinya pelajaran akan diberikan sisipan mengenai geopark. Misalnya, guru Bahasa Indonesia diintegrasikan dengan materi lingkungan hidup.

"Nantinya memberikan edukasi warisan bumi," katanya.

Sementara itu, Koordinator Profesor program Profesor Go To School Suratman Woro mengatakan pihaknya akan diterjunkan ada puluhan orang dalam program Profesor Go To School.

Mereka akan datang ke sekolah untuk mengajar dengan tema besar ialah Geopark Gunungsewu. Dia mencontohkan bidang biologi, berarti nanti mengerakkan teori pelestarian pengembangan manfaat dari biodiversity geopark.

"Nanti profesor akan mengajar sesuai dnegan bidang keilmuan yang dimilikinya," katanya.

Suratman mengatakan pihaknya berencana membentuk sekolah geopark, dan saat ini sedang menyiapkan kurikulumnya,

"Tema besar dalam program ini tentang geopark, nantinya profesor akan mengajar angsung ke sekolah. Selain itu guurunya juga bisa menjadi agen lanjutan mengajarkan hal tersebut," katanya.

(U.KR-STR)