Batik warnai tema Pelangi Budaya Bumi Merapi

id batik

Batik warnai tema Pelangi Budaya Bumi Merapi

Ilsutrasi promosi batik (yuniastuti1991.blogspot.com)

Sleman (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar Pelangi Budaya Bumi Merapi dengan mengusung tema utama batik pada Sabtu (21/10) dan Minggu (22/10).

"Event tahunan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional dan Hari Pariwisata Sedunia, kali ini mengambil tema `Membangun Kreatifitas Dalam Keberagaman Budaya`," kata Ketua Panitia Pelangi Budaya Bumi Merapi (PBBM) 2017 Eka Priastana Putra, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan ini akan digelar di Lapangan Denggung, Lapangan Pemda Sleman, dan juga Jogja City Mall.

"Acara ini dimeriahkan 41 peserta pawai dan 16 pentas hiburan," katanya.

Menurut dia, kirab PBBM 2017 akan dimulai pada Sabtu pukul 09.30 WIB dengan pertunjukan seni Jathilan yang dilanjutkan dengan penampilan lainnya hingga pukul 18.00 WIB di Lapangan Denggung.

"Selanjutnya pada jam 18.00 ? 22.00 WIB di Jogja City Mall dengan menampilkan empat pentas hiburan," katanya.

Eka mengatakan, pada hari kedua, PBBM 2017 diselenggarakan di Lapangan Denggung dan lapangan Pemda Sleman. Pentas seni di lapangan Denggung dimulai pukul 08.00, sedangkan pentas seni di lapangan Pemda Sleman dimulai pada pukul 10.00WIB.

"Acara utama pada hari kedua berupa pawai karnaval dengan jumlah 35 peserta lomba pawai yang terdiri atas peserta dari desa wisata, hotel, sekolah, sanggar, dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, rangkaian pawai juga akan dimeriahkan oleh peserta pendamping dan partisipan dari luar daerah diantaranya adalah parade gamelan dan bedug, Barongsai Putra Mataram, Reyog Suromenggolo, Marching band dan lainnya.

"Karnaval akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. di lahan parkir Lapangan Denggung sebagai panggung display para peserta, yang kemudian akan berjalan melewati Jalan Magelang  Jalan Parasamya dan berakhir di Lapangan Pemda Sleman," katanya.

Pawai budaya ini, kata dia, sekaligus sebagai penutup rangkaian acara PBBM 2017.

"Bagi para penonton pawai yang beruntung akan mendapatkan doorprize sepeda gunung dan doorprize hiburan lainya yang sudah disiapkan panitia," kata Eka yang juga Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman ini.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024