Dinsos Sleman beri penghargaan Kube berprestasi

id Sleman

Dinsos Sleman beri penghargaan Kube berprestasi

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara) - Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Darah Istimewa Yogyakarta melakukan evaluasi dan memberikan penghargaan kepada Kelompok Usaha Bersama atau Kube berprestasi.

"Evaluasi dan penghargaan ini sebagai salah satu bentuk pembinaan pada Kelompok Usaha Bersama (Kube)," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Sri Murni Rahayu, Jumat.

Menurut dia, evaluasi kelompok dilakukan dari tiga aspek yakni sosial, ekonomi, dan kelembagaan. Proses evaluasi juga melalui beberapa tahapan dimulai dari sosialisasi, pendaftaran peserta, penilaian administrasi, dan diakhiri kunjungan lapangan.

"Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur perkembangan Kube, memberikan motivasi, dan memberikan bantuan stimulan tambahan berupa pemberian hadiah uang pembinaan," katanya.

Ia mengatakan, evaluasi Kube Berprestasi 2017 diikuti 23 kelompok KUBE dari 15 kecamatan di Kabupaten Sleman.

"Evaluasi Kube Berprestasi merupakan kegiatan yang berjenjang hingga tingkat nasional, sehingga pemenang pada kegiatan ini akan mewakili Kabupaten Sleman pada 2018," katanya.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan dibentuknya Kube ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial kelompok miskin dengan peningkatan pendapatan keluarga.

"Terbentuknya Kube mempunyai tujuan untuk mengembangkan dinamika kehidupan kelompok sosial, selain itu juga mengembangkan kreativitas, meningkatkan semangat kebersamaan dan kesetiakawanan sosial, serta melahirkan sikap kemandirian," katanya.

Menurut dia, dalam kompetisi-kompetisi sebelumnya, perwakilan Kube Kabupaten Sleman berhasil meraih prestasi tingkat provinsi dan juga nasional. Bahkan pada pelaksanaan kompetisi Kube terakhir, perwakilan Kube Kabupaten Sleman berhasil menjadi Kube terbaik se-DIY tahun 2017.

"Diharapkan Kube perwakilan Kabupaten Sleman yang akan berkompetisi di tingkat provinsi dan nasional akan pulang dengan membawa prestasi dan mengharumkan nama Pemerintah Kabupaten Sleman di mata nasional," katanya.

Evaluasi KUBE Berprestasi 2017 menghasilkan 15 pemenang dengan total hadiah sebesar Rp75 juta.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024