Alih fungsi lahan pertanian Bantul 40 hektare

id alih fungsi

Alih fungsi lahan pertanian Bantul 40 hektare

Alih fungsi lahan (antaranews.com)

Bantul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan alih fungsi lahan pertanian ke sektor nonpertanian di wilayah setempat rata-rata mencapai hingga 40 hektare per tahun.

"Lahan pertanian kita sekarang ini semakin menyusut, bahkan menurut data dinas setiap tahun sekitar 22 sampai 40 hektare lahan tergerus, beralih fungsi lahannya," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Riyantono, di Bantul, Jumat.

Menurut dia, alih fungsi lahan pertanian terjadi karena pertumbuhan perumahan, pembangunan sektor industri perdagangan dan lain sebagainya itu sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan dinamika pembangunan di daerah ini.

Ia mengatakan, penyusutan lahan pertanian karena beralih fungsi ini jelas menjadi permasalahan bagi petani terutama dalam meningkatkan atau menjaga produksi pangan, mengingat lahan yang ada justru semakin menyempit.

"Itu kan luar biasa, seharusnya bisa kita tanami tanaman pangan, tetapi karena kebutuhan itu lahannya akan beralih fungsi tidak lagi di sektor pertanian tapi sektor lain, seperti perumahan dan industri," katanya lagi.

Sekda Bantul mengakui untuk mencegah alih fungsi lahan pertanian tidak mudah, melainkan hanya mengendalikan agar alih fungsi tidak semakin besar atau setidaknya ada lahan permanen untuk lahan pangan berkelanjutan.

"Itulah tantangan yang harus dibahas bersama, karena sebenarnya masalah petani itu pertama lahan terbatas, belum lagi kalau nanti kita bicara turun temurun, kemudian butuh bangunan, butuh rumah dan sebagainya," katanya pula.

Sekretaris Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Bambang Pin Erwanta mengatakan, laju alih fungsi lahan pertanian di Bantul terus terjadi, terutama di kecamatan yang berbatasan dengan Kota Yogyakarta.

"Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bantul saat ini sedang menggodok peraturan daerah untuk Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), sehingga nanti di Bantul harus dipertahankan lahan hijau seluas 13 ribu hektare," kata dia lagi.

(KR-HRI)